Mental Tempe (Menjes)

02.01

Mental tempe adalah julukan buat seseorang yang mentalnya cupu, lembek, gak kuat, gembeng, mutungan, cemen, dan gak keren. Anda pernah denger tempe menjes? Istilah lainnya tempe gembos. Akhir-akhir ini saya merasa bermental tempe menjes, Kenapa? Gak tau ._. Entahlah, mikirin ini, stres, mutung. Mikirin itu, stres, mutung. Mutungan, nggondokan, nangisan wes sembarang kalir. Terus kenapa kok ujung-ujungnya menyebut diri sebagai orang yang punya mental tempe menjes?


Kalian pernah tau cara bikin tempe menjes nggak?

Kedelai adalah bahan baku pembuatan tempe dan sari dele. Pas orang lagi bikin saridele, itu kan si kedelai itu diolah gitulah. Aku lupa piye-piyenya pokoknya dari pembuatannya itu, dihasilkan ampas yang namanya ampas kedelai. Nah ampas kedelai ini dijadiin tahu.Caranya gimana? Ya diolah lagi. Dalam pengolahan menjadikan ampas kedelai ini sebagai tahu, dihasilkan ampas lagi, namanya ampas tahu.

Tempe menjes itu bikinnya dari apa?

Dari ampas tahu...

Jadi tempe menjes itu...

Ampasnya ampas...

Terus kenapa orang-orang yang males, mutungan, mentalnya lemah, dan sebangsanya itu disebut bermental tempe? Padahal jelas-jelas tempe itu dibuat dari kedelai pilihan yang dicampur dengan *skip. Orang-orang yang begitu itu harusnya namanya bermental tempe menjes. Tempe menjes yang jelas-jelas bahannya adalah ampas (dari ampas) alias sisa pengolahan bahan lainnya. 

Tapi tempe menjes itu enak ._.

You Might Also Like

0 komentar